LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT. TELKOM KLATEN DAN TAMAN PINTAR
PT. TELKOM KLATEN DAN TAMAN PINTAR
Disusun Oleh:
MAULANA YUSUF ABDULLAH
XI TKJ 1
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK IT IHSANUL FIKRI
2017
SMK IT IHSANUL FIKRI
2017
______________________________________________________________________________________
KATA
PENGANTAR
Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industri
ini dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi
Muhammad SAW. Serta kepada para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya.
dan saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi saya pribadi sendiri dan pembaca pada umumnya.
Magelang, Februari 2017
MAULANA YUSUF ABDULLAH
Penyusun
Penyusun
__________________________________________________________________________________________
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas
setelah melaksanakan kunjungan industri.
Laporan ini disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Hari :
Tanggal :
PEMBIMBING
WALI KELAS
SOBIRIN,S.Pd
ATOK
S,S.T
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK IT Ihsanul Fikri
MUSTAIN,S.Pd
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ....................................................................................
B. Tujuan Kunjungan Industri ...................................................................
C. Manfaat Praktik Industri ........................................................................
D. Waktu Praktik Industri .....................................................
E. Tempat Industri ...................................................................
BAB II KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. PT. TELKOM KLATEN
1. Profil ....................................................................................................
2. Proses Produksi ..............................................................
3. Produk/jasa ....................................................................................
4.Pemasaran..........................................................................
B. TAMAN PINTAR
1.Profil ...................................................................................................
2.Logo Taman Pintar.............................................................
3.Faktor Penarik Taman Pintar sebagai Tujuan Wisata...........................................................
4. Wahana di Taman Pintar.........................................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ..................................................................................................
B. Kritik dan Saran ...........................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ....................................................................................
B. Tujuan Kunjungan Industri ...................................................................
C. Manfaat Praktik Industri ........................................................................
D. Waktu Praktik Industri .....................................................
E. Tempat Industri ...................................................................
BAB II KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. PT. TELKOM KLATEN
1. Profil ....................................................................................................
2. Proses Produksi ..............................................................
3. Produk/jasa ....................................................................................
4.Pemasaran..........................................................................
B. TAMAN PINTAR
1.Profil ...................................................................................................
2.Logo Taman Pintar.............................................................
3.Faktor Penarik Taman Pintar sebagai Tujuan Wisata...........................................................
4. Wahana di Taman Pintar.........................................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ..................................................................................................
B. Kritik dan Saran ...........................................................................................
__________________________________________________________________________________________
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Latar belakang diadakanya
kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat
mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja ,
mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan
industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana
belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan –
urutan proses kerja di industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih
untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif
menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang
dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada
siswa tentang industri dan proses produksi di bidang bisnis dan managemen. Siswa harus
membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di
sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama
kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B.
Tujuan Kunjungan Industri
Tujuan dari kegiatan kunjungan Industri ini adalah
untuk mengenalkan
siswa SMK IT IHSANUL FIKRI pada Dunia Industri.
siswa SMK IT IHSANUL FIKRI pada Dunia Industri.
C.
Manfaat
Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya
kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:
1. Memperluas
pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong
siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3. Memberi
informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong
siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5. Membantu
siswa melaksanakan program magang.
D.
Waktu
Kegiatan kunjungan industri ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Rabu / 08 Februari 2017
Waktu : 07.00 wib
Hari / Tanggal : Rabu / 08 Februari 2017
Waktu : 07.00 wib
E.
Tempat
Tempat : PT. TELKOM KLATEN DAN TAMAN
PINTAR
______________________________________________________________________________________
BAB II
KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
A. PT. TELKOM KLATEN
1. Profil
Tentang
Telkom Group
Telkom Group
adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan
telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan
pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi
yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak
bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan
internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di
bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based
managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan
portal lainnya.
Berikut
penjelasan portofolio bisnis Telkom:
Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.
Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
Media
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.
Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.
Sebagai
perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di
sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh
produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk
meningkatkan business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio
bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment
& Service). Untuk menjalankan portofolio bisnisnya, Telkom Group memiliki
empat anak perusahaan, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel),
PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. Telkom Metra dan PT.
Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).
Visi dan
Misi
Visi
”Be
The King of Digital in The Region”
Misi
“Lead
Indonesian Digital Innovation and Globalization”
Corporate
Culture : The
Telkom Way
Basic Belief
: Always The Best
Core Values :
Solid, Speed, Smart
Key
Behaviours :
Imagine, Focus, Action
Inisiatif
Strategis
- Pusat keunggulan.
- Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
- Percepatan ekspansi internasional.
- Transformasi biaya.
- Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring, id-Con).
- Indonesia Digital Solution (“IDS”) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
- Indonesia Digital Platform (“IDP”) – platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
- Eksekusi sistem pengelolaan anak perusahaan terbaik.
- Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
- Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.
2. Proses produksi
Inspeksi
terhadap produk yang dipesan, seperti kabel, hardware dan material lainnya
merupakan hal yang umum dilakukan. Manajemen PT. TELKOM secara kontinyu
melakukan kunjungan sehari penuh ke pabrik mitra kerja. Dimulai dengan
memeriksa bahan baku, kemudian melihat secara langsung proses produksi lalu
mengikuti proses uji dari kabel dan material lain yang telah jadi serta melihat
langsung produk siap kirim yang terdapat di ruang gudang jadi. Manajemen
memastikan pembuatan produk yang dipesan dari awal sampai dengan selesai
semuanya terkontrol dan terukur dengan didukung oleh alat dan data serta secara
keseluruhan semua hasil test yang dilakukan masuk dalam standar yang diijinkan
oleh RISTI.
3. Produksi/jasa Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wireline), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.
Berikut
adalah beberapa layanan telekomunikasi Telkom:
Telepon, data, dan Internet
- IndiHome Fiber merupakan layanan Triple Play dari Telkom dengan teknologi 100% fiber yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet (Internet Cepat), Interactive TV (UseeTV) dan Phone (Telepon Rumah)
- Telepon tetap (PSTN): layanan telepon tetap yang pernah menjadi monopoli Telkom di Indonesia
- Flexi: layanan telepon, data dan internet berbasis fixed wireless CDMA
- TelkomNet Instan: layanan akses internet dial up
- TelkomNet Astinet: layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
- Speedy: layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
- e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
- Solusi Enterprise - INFONET
- TELKOMLink DINAccess
- TELKOMLink VPN IP: layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
- TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial): Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
- TELKOM ISDN: jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi.
- e-Health: layanan solusi untuk entitas kesehatan yang meliputi sistem informasi dan aplikasi (ePuskesmas, ePharmacy, HIE (Health Information Exchange).[9]
Satelit
- TELKOMSatelit (Sewa Transponder)
- TELKOMVSAT (VSAT)
4. Pemasaran
Aspek
pemasaran PT. TELKOM meliputi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan
perencanaan barang (product), penetapan harga (price), program promosi
(promotion) dan saluran distribusi (place). PT TELKOM membangun brand image
yang positif kepada masyarakat melalui promosi produk dengan strategi public
relations. Kecanggihan teknologi saat ini membuat PT. TELKOM mengeluarkan
berbagai macam produk seperti Speedy dan Telkom Flexi. Maka dari itu diperlukan
promosi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk tersebut kepada
masyarakat. Peranan public relations dibutuhkan mengingat semakin banyaknya
produk dan layanan telekomunikasi dari penyelenggara lain. Selain itu informasi
mengenai produk dan segala sesuatu tentang perusahaan yang harus diketahui
pihak umum perlu untuk disebarkan secara akurat, jelas, tepat waktu dan
selengkap mungkin untuk meningkatkan dan mempertahankan integritas pasar dan
kepercayaan para stakeholder. Untuk hal ini Unit Marketing Communication PT.
TELKOM melakukan Kegiatan Keterbukaan Informasi seperti siaran pers dan
konferensi pers.
B. TAMAN PINTAR
1. Profil Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama teknologi informasi pada gilirannya yang telah menghantarkan peradaban manusia menuju area tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.
Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka pemerintah kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk pembangunan “Taman Pintar”. Target pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan sains kepada siswa dari dini, harapan yang lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi sendiri. Bangunan Taman Pintar ini dibangun dengan adanya keterkaitan yang erat antara fungsi dan kegiatan bangunan di sekitarnya, seperti Taman Budaya dan Benteng Vrebuderg.
Pembangunan tahap II adalah gedung oval lanai I dan II. Serta gedung kotak lantai I diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas Bambang Sudibyo dan Menristek Kusmanto Kadiman serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.
Pembangunan
tahap III adalah gedung kotak lantai II dan III tampak presiden dan gedung
memorabilia. Dengan selesainya tahapan pembangunan, grand opening Taman Pintar
dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI,
Susilo Bambang Yudoyono.
2. Logo Taman Pintar
Maknanya :
a. Kembang api adalah simbolisasi dari
intelegensi dalam imajinasi.
b. Dalam bahasa Jawa, kembang api
menggambarkan “Mletik” = Pintar = “Padhang mak byar” = Pintar
c. Kembang api merupakan sesuatu yang
menyenangkan, menghibur, sesuai dengan visi taman pintar sebagai wahana
ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan.
d. Gambar logo yang keluar mengandung makna
“Out Ward Looking”, selalu melihat keluar untuk terus belajar mengikuti
dinamika perubahan di luar dirinya.
e. Gambar logo tampak seperti matahari
mengandung makna menyinari sepanjang masa.
f. Efek perspektif adalah simbolisasi sesuatu
yang tinggi “cita-cita”, pengharapan taman pintar akan generasi muda Indonesia,
khususnya Yogyakarta dalam meraih cita-citanya.
g. Wahana gabungan hijau-biru melambangkan
pertumbuhan tak terbatas
h. Maskot taman pintar adalah burung hantu
bernama tepi. Burung hantu adalah spesies burung yang banyak melakukan
aktifitas di malam hari. Dengan kepekaan yang dimilikinya. Ia mempelajari alam
sekitarnya dengan merasakan semua kejadian alam yang ada di sekelilingnya.
3 Faktor Penarik Taman Pintar sebagai Tujuan Wisata
a. Letaknya
yang sangat strategis dan mudah sekali dijangkau
Taman pintar
berlokasi di jantung Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No.
3 Yogyakarta, Indonesia. Lokasi taman ini sebelumnya merupakan lokasi Shooping
Center yang kini direlokasi ke sebelah utara taman ini, bersebelahan dengan
Taman Budaya Yogyakarta, Gedung Societet Militair, dan Pasar Beringharjo. Di
sebelah selatan taman ini terdapat Bank Indonesia cabang Yogyakarta, Kantor Pos
Besar Yogyakarta, dan Keraton Yogyakarta. Di sebelah timurnya terdapat Pos
Polisi, sedangkan di sebelah baratnya terdapat Monumen Serangan Umum 1 Maret,
Benteng Vredeburg, Gedung Agung dan Jalan Malioboro.
Akses menuju
taman pintar tidak terlalu sulit karena letaknya persis di pinggir utara Jalan
Panembahan Senopati No. 3. Di samping itu, taman ini juga relatif dekat dengan
Bandara Adi Sucipto (sekitar 8 km), dari Terminal Giwangan (sekitar 6 km), dari
stasiun Lempuyangan (sekitar 3 km), dan dari Stasiun Tugu (sekitar 2 km).
b. Memiliki
nilai edukasi yang tinggi
Secara garis
besar, materi isi taman ini terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi.
Untuk kelompok usia, dibagi menurut tingkat pra sekolah, taman kanak kanak,
sekolah dasar, hingga sekolah menengah. Sedangkan untuk penekanan materinya,
diwujudkan dalam bentuk interaksi antara pengunjung dengan materi yang
disampaikan melalui anjungan yang ada, mulai dari anjungan permainan, anjungan
pengenalan, anjungan materi ilmu dasar, hingga anjungan penerapan iptek. Format
materinya disusun dalam bentuk sub-sub tema dan zona ruang sebagai media
penyampaian materi yang terkandung.
Disini
anak-anak bukan hanya dapat bermain secara menyenangkan, namun juga sambil
belajar dan tentu menyenangkan. Beragam wahana dibuat semenarik mungkin
sehingga anak-anak secara tidak sadar sedang menjalankan proses pendidikan yang
sangat positif bagi perkembangan mental dan fisiknya.
c. Tempat
wisata yang menarik
Semua keluarga dapat menikmati taman wisata
ini. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Tempatnya yang
berwarna-warni menambah kesemarakan taman yang penuh wahana edukasi ini.
Beragam wahana yang ada disini pun menjadi daya tarik tersendiri seperti adanya
Playground area, Gedung PAUD barat dan PAUD timur, Gedung Oval lantai 1, Gedung
Oval lantai 2, Gedung kotak lantai 2, dan Gedung Memorabilia. Pada
masing-masing zona memiliki berbagai wahana unggulan, antara lain taman
Bermain, Penjelajah Kecil, Petualangan Lingkungan, Titian Penemuan, Titian
Sains, Jembatan Sains,Indonesiaku, Teknologi canggih, dan Teknologi Populer.
d. Lingkungan
yang Bersih
Banyak yang
berkunjung ke Taman Pintar ini mengaku karena nyamanberada di dalamnya.
Pengujung merasakan keyamanan tentu karena kebersihanlingkungan yang senantiasa
di jaga baik oleh pengunjung maupun pengelola. Ketika kami melakukan observasi
hampir tidak terlihat sampah berserakan, hanya bisa dijumpai beberapa daun
kering yang berguguransecara alami, itupun sangat sedikit jumlahnya.
e. Harga
Tiket Masuk Terjangkau
Biaya yang
dikeluarkan pun sangat murah, jika hanya ingin berjalan-jalan di areal
Playground Pengujung tidak perlu Mengeluarkan biaya sepeserpun, sedangkan jika
ingin masuk ke wahana lain jelas ada tambahan biaya. Misalnya ketika pengunjung
inging memasuki Gedung PAUD pengujung dikenai biaya : Rp. 500 / anak bagi anak
yang berusia 2 – 7 tahun, biaya masuk Gedung Oval & kotak : Rp. 5.000 /
anak, Rp. 15.000 / dewasa, sedangkan Gedung Memorabilia : Rp. 1.000 / anak, Rp.
2.000 / dewasa, dan Teater 3D : Rp. 15.000 / orang.
4. Wahana di Taman Pintar
4. Wahana di Taman Pintar
a. Zona Playground
Saat anda masuk
ketaman pintar anda akan di suguhi Zona Playground Area. Jalan masuk dari pintu
gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang
berbentuk segitiga. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan “Gong
Perdamaian Nusantara (Sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)”. Di sekeliling
gong tersebut terdapat logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di seluruh
Indonesia. Di zona ini ada wahana kolam air mancur, desaku permai, parabola
berbisik, sistem katrol, rumah pohon, jembatan goyang, jungkat-jungkit, dan
bermain pasir.
b. Gedung PAUD
Bagi anda
pengunjung yang mempunyai balita atau anak usia dini, di Taman Pintar ada
tempat khusus bermain bagi anak usia dini. Tempat ini memang didesain untuk
anak balita. Dan banyak dari pengunjung, khususnya para orang tua yang
memanfaatkan tempat ini untuk memberi hiburan sekaligus menyuapi putra-putri
mereka saat bermain.
c. Gedung Memorabilia
Gedung memorabilia terdapat di sebelah barat
area taman pintar. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat miniatur
bangunan Keraton Yogyakarta secara detail dan menyeluruh, ada pula foto
raja-raja dari Yogyakarta, mulai dari Hamengkubuwono I sampai dengan raja yang
sekarang bertahta, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Anda pun juga dapat
melihat miniatur Yogyakarta secara menyeluruh.
d. Gedung Kotak dan Oval
Perlu anda ketahui
semua wahana di atas hanyalah wahana sambutan atau halaman taman. Dan wahana
yang sebenarnya adalah di gedung oval dan kotak. Ketika anda masuk anda akan
langsung melewati lorong bawah air mirip sea world. Di dalam gedung kotak dan
oval anda bisa mencoba wahana ilmu pengetahuan dan teknologi apa saja. Disana
juga ada petugas yang selalu siap menyapa pengunjung dengan ramah, jika anda
ingin bertanya petugas selalu siap melayani.
______________________________________________________________________________________
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
setelah saya melakukan kunjungan industri sayamendapat pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat ataupun di dunia kerja.
segala puji bagi allah yang maha pengasih dan maha penyayang.Dengan laporan ini bisa memberikan ilmu yang lebih. sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini. apabila ada banyak kesalahan dalam pengetikan saya mohon maaf, karena saya hanya seperti manusia biasa seperti yang lainnya.demikian yang dapat saya laporkan. sekian
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
B. Saran
a.
Sebaiknya
pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang bagian-bagian
atau tugas-tugas karyawanya.
b. Kegiatan lebih baik disesuaikan
dengan jadwal produksi agar siswa dapat mengetahui proses pembuatannta.
c.
Diharapkan
agenda program Kunjungan Industri ini tetap berjalan setiap tahunnya.
d. Kunjungan Industri hendaknya
dilaksanakan dengan biasa yang terjangkau oleh siswa.
________________________________________________________________________________________
makasih banget mas
BalasHapusWaw, aku salfok sama foto nya. Hehe
Hapusmksh contohnya😊
BalasHapusTerimakasih banyak:)
BalasHapusThanks
BalasHapusMakasih kak :)
BalasHapusMakasih banyak kak, ini bisa membantu tugas saya
BalasHapusMakasih kak
BalasHapusIni sangat membantu terimakasih banyak ya
BalasHapusMatur nuwun yo mas
BalasHapusMatur nuwun mas✌
BalasHapusAnak Telkom yah ? Abis outing class?
BalasHapusThanks For Usefull Teks
BalasHapusMakasiihh
BalasHapusMksh Bngettt
BalasHapusPG Slot! pg ฝาก20รับ100 AREAGAME88.COM โปร PG Slot สล็อต PG SLOT โปรโมชั่น
BalasHapusสล็อตวอเลท pg ฝาก20รับ100 ถอนไม่อั้น วอ เลท ล่าสุด เว็บตรง ด้วย ระบบฝากถอนอัตโนมัติ